Thursday, March 22, 2012

Salib Dan Penderitaan

Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Isa 53:10  Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut,dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
Saya mau Tanya sejujurnya buat saudara, siapa yang ingin RENCANA Tuhan TERGENAPKAN dalam hidupmu?, serius saudara !, Yesaya 53 ayat 10 pada kalimat yang terakhir kita baca dengan keras.
dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
Tidak ada yang lebih membahagiakan dalam kehidupan kita, lebih dari semua harta, lebih dari semua jabatan, lebih dari semua kenyamanan dan kenikmatan, pada ujungnya ketika kita kelak meninggalkan akan dunia ini, bahkan mungkin sebelum kita tinggalkan badan jasmani kita. Kita akan mengerti bahwa semua yang disekitar kita hari ini, yang karena apapun yang disekitar kita yang sedang diperjuangkan dengan keras ternyata tidak berarti banyak.
Pada ujung nya kita akan mengerti bahwa kalau hidup kita ini yang pendek dan hanya sementara didunia, bisa MENGGENAPKAN apa yang Tuhan rencanakan. Dan apa yang jadi KEHENDAK TUHAN itu bisa terlaksana lewat kehidupan kita, saya yakin itu KEBAHAGIAAN YANG SEBENARNYA. Kenapa saya berani berkata begitu?, bukan karena ini sebuah istilah yang seringkali kita dengungkan dan kita dengar menyenangkan hati Tuhan. Karena pada dasarnya kita begitu gampang kita berkata “ ku mau menyenangkan hati NYA tapi sejujurnya kita suka menyenangkan akan hati kita sendiri “.
Saya teringat tahun 1994 – 1995 dalam perjalanan ke Amerika, begitu tiba di Amerika malam yang pertama disana kira-kira pk 2.30 pagi, saya diberi mimpi oleh Tuhan, mimpi itu begitu REAL menurut saya itu bagian dari sebuah pengalaman rohani bukan sekedar mimpi biasa. Apa yang saya dalam alam mimpi itu saya merasa saya ini sudah mati saya sudah pulang ke rumah BAPA, roh saya bergerak kembali kepada BAPA, saya masuk keruangan yang putih bagus dan berkilauan, ketika saya masuk saya melihat semua yang luar biasa dan saya melihat TUHAN YESUS berdiri disitu, tanpa ada yang komando lari kerah Tuhan dan saya tersungkur di bawah kaki Tuhan, pada saat saya tersungkur dibawah kakiNYA, tiba tiba saya terkejut Tuhan yang saya pikir akan menyambut saya , DIA MEMALINGKAN MUKANYA, pada saat DIA memalingkan mukaNya itulah saya belum sempat bertanya “ mengapa Engkau memalingkan dariku ?“ , saya melihat 2 bentangan garis yang begitu jelas didepan saya, susah mungkin untuk menjelaskan dengan penjelasan yang mudah dipahami oleh pengertian kita hari ini,
tapi dua garis yang melintang sejajar yang saya lihat, garis yang atas saya perhatikan adalah semua yang Tuhan sediakan, kesempatan, anugerah, pengertian, pengajaran, firman, semua kebaikan yang Dia berikan dalam hidup saya detik perdetik Dia tunjukan semuanya. Tetapi pada garis yang dibawahnya itu adalah garis perjalanan hidup saya dan saya lihat begitu banyak kacaunya, kerusakan dimana-mana, kesempatan yang saya buang, hati yang berontak, kepahitan dalam hidup saya, ketidak taatan dengan apa yang Tuhan buat, kesombongan yang luar biasa, dan detik itu saya melihat dengan jelas sekali bahwa saya tidak pernah punya record MERESPON TUHAN DENGAN BENAR.
Saya sudah kotbah, saya sudah melayani, saya sudah jadi hamba Tuhan, pada waktu itu ketika saya SADAR keadaan itu, timbul KESADARAN DIHATI, saya berlutut saya berkata “ Tuhan aku tidak layak tinggal dengan Engkau di Surga, kelak orang akan ke Neraka dengan suka rela, sebab orang akan melihat kenyataan hidupnya sendiri, dan tidak ada orang satupun yang dapat berbantah-bantah, malaikat tidak perlu menyeret orang ke Neraka, orang dengan sukarela akan berkata aku tahu tempatku, karena saya menjerit “ saya bilang Tuhan sekian tahun aku melayani engkau ternyata seperti ini keadaannya, aku begitu mengecewakan, aku begitu menyakiti hatiMU, dan yang paling tidak tahan saudara ketika kita SADAR betapa Tuhan DIKECEWAKAN LUAR BIASA OLEH HIDUP KITA”.
Saya berkata “ biarkan aku ke Neraka saja “. Saya bersyukur Tuhan tidak berkata “ silahkan”, kalau DIA berkata begitu habislah. Sampai di kalimat itu saya terbangun, saya kekamar mandi pk 2.30 pagi dirumah Pak Adi Sutanto, dan sampai disana hati saya tidak tahan kemudian saya berlutut dan saya berkata “ Tuhan ternyata DAGINGKU ini kalau tidak Engkau PAKSA untuk MENGIKUTI apa yang Engkau MAU, tidak pernah bisa  “. Kalau dibiarkan MEMILIH akan memilih begitu banyak hal yang mengerikan dan terbukti sekian puluh tahun aku hidup, toh kenyataan waktu aku bertemu dengan Tuhan ku, aku tahu aku sudah MENGECEWAKAN dan membuat BERDUKA hatiNya.
Saya tahu selama saya didunia ini ada banyak orang –orang yang dablek nya luar biasa, dengan orang lain, ada orang-orang yang tebal mukanya untuk mencari uang dia akan berani loby, berani ini berani itu, saya tahu ada orang-orang yang tidak punya malu dengan apapun yang dihadapkan pada dirinya. Tapi berani berkata dengan Tuhan pada saat itu engkau akan tahu kalau engkau membuat DIA KECEWA saudara akan tahu. Saya berlutut di kamar mandi persis disebelah closet, saya bilang Tuhan “ mulai saat ini SERET aku, PAKSA aku ketempat yang ENGKAU MAU bukan ketempat yang aku mau “.  
Untuk orang bisa melaksanakan apa yang Tuhan kehendaki dan hidup seperti yang DIA mau, sejujurnya saya berkata itu merupakan HAL YANG PALING INDAH dalam kehidupan kita, lebih daripada semua yang lain, itu yang terbaik sebenarnya buat hidup kita.
Jangan engkau berpikir bahwa hidup ini sekedar, pokoknya kita melayani Tuhan, yang penting aku percaya kepadaNya, percaya yang seperti apa? Tidak jelas, kalau aku mati tenang semuanya akan Ok, tidak saudara. Alkitab berkata Yesaya 53 ini berbicara tentang Yesus dan firman berkata  “dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya “. Apa yang membuat orang percaya melalui TELADAN Yesus, kita belajar,
apa yang membuat Yesus ini bisa melaksanakan apa yang BAPA kehendaki?
Anda mau tahu jawabannya? Lihat dulu pada ayat yang pertama, sebab jawabannya kelak tidak masuk akal kita, di ayat pertama firman berkata :
Isa 53:1  Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?
Dengan kata lain nanti berita tentang Yesus ini, orang akan berkata “apakah itu benar?”, “ apakah itu Tuhan? ”,  karena itu nabi berteriak “ siapa yang percaya dengan berita yang kami dengar ?”, banyak orang berkata saya percaya, yak arena kau takut ke neraka, saya percaya , yak karena anugerahNya diberikan, tapi untuk membuat Yesus ini sampai alkitab ini berkata “ dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya “.
Yesaya berteriak siapa yang percaya jika berita ini aku sampaikan kepada orang, sebab untuk membuat DIA bisa melakukan apa yang BAPA inginkan ternyata sebuah jalan yang tidak mudah harus dilewatiJalanseperti apa?, tidak ada waktu untuk membaca ayat ayat setelah ayat yang pertama dirumah anda baca sendiri, tapi pagi ini focus saya ingin sampaikan buat saudara, lihat lagi ayat yang ke 10 tapi pada kalimat yang pertama “ Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan “, kalau anda cek dibahasa inggrisnya “ Yet it pleased the LORD to bruise him “, adalah berkenan kepada Allah Yehova untuk memukul DIA sampai Memar, Aneh sekali.
Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan ( Memar ). Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut. 
Sesungguhnya tidak ada cara lain untuk mendidik manusia roh kita kecuali kita mesti melewati JALAN SALIB DAN PENDERITAAN.
Dan jalan ini jalan yang sempit dan tidak banyak orang yang mau melewatinya, ada banyak jalan-jalan yang lain, Bill Wilson pernah mengkotbahkan jalan yang tidak pernah diingini oleh orang lain dan mungkin tidak pernah ada orang lain yang mau melewati jalan itu. Jalan –jalan yang lain orang suka karena menjanjikan begitu banyak hal dalam hidup kita didunia ini tapi JALAN SALIB selalu ingin dikompromikan oleh manusia.
Itu sebabnya ketika Tuhan mulai memberitakan tentang KESENGSARAAN daBlog terkaitn KEMATIAN NYA, Petrus yang pertama menegor Yesus, bayangkan saudara, sebab bagi seorang Petrus itu merupakan kabar buruk tapi kalau kita mengerti KEBUASAN DAGING kita, kalau kita mengerti KELIARAN DAGING kita, kalau kita mengerti KESOMBONGAN dan EGO kita, saudara akan mengerti TIDAK ADA CARA LAIN kecuali itu yang harus pertama-tama diurusi dan disangkali.
Setan hanya memanfaatkan yang DIDALAM kita kalau tidak ada MUSUH yang sudah masuk menyatu dengan kita, setan tidak bisa berbuat apa-apa.
Itu sebabnya Yesus pun sebagai MANUSIA, DIA belajar menerima satu FAKTA adalah MENYENANGKAN BERKENAN BAGI ALLAH YEHOVA UNTUK MEREMUKAN DIA SAMPAI KESAKITAN SAMPAI MEMAR, ada pendarahan didalam yang harus dilewati. Apakah ini kabar baik ?, tidak kan, siapa yang suka dengan kabar seperti ini, siapa yang bisa gembira iniJALAN SALIB aku akan peluk rangkul dengan sukacita.
Orang berkata kepada saya kenapa kamu tidak kotbah tentang kelimpahan, tentang bagaimana diberkati, saya berkata karena engkau bukan Tuhanku dan tidak pernah panggil aku jadi hamba Tuhan oleh karena perkataan. Tetapi ini jadi K banyak orang akhir akhir ini, awal tahun ini saya ikut world conferencenya Moriss Cerullo dan Benny Hin memulai dengan kebaktian perdana cukup panjang tapi INTI nya dia bicara kepada banyak hamba Tuhan kotbahkan SALIB jangan yang lain, sebab manusia dengan semua EGO dengan KETIDAK MAUANNYA untuk ikut Tuhan dengan MEMIKUL SALIB telah menimbulkan kerusakan yang begitu mengerikan tapi untuk melewati yang telah dilewati Yesus tidak mudah saudara.
Firman berkata DIA datang kepada ciptaanNya, dia datang kepada anak-anakNya tetapi mereka MENOLAK DIA, saudara pernah merasa ditolak oleh anakmu sendiri?, mungkin kita memang ada kesalahan dari kita, saya pikir hari-hari ini banyak orang tua tidak bisa mengerti tentang anak, orang cenderung memperlakukan anak seperti dia dulu diperlakukan oleh orang tuanya walaupun dia dulu sebel sama orang tuanya tapi akhirnya toh anaknya diperlakukan seperti dia diperlakukan oleh orang tuanya. Orang tuanya suka maksa anaknya akhirnya setelah dia dewasa punya anak dia paksa juga anaknya. Jadi itu dosa keturunan, nanti anaknya akan maksa anaknya lagi, orang tidak cepat belajar dengan ini lalu kita mengeluh kita berkata“ aku ditolak anak anaku “, tapi Tuhan ditolak oleh ciptaannya, saudara piker itu sesuatu yang menyenangkan, berapa kali dalam hidupnya ketika DIA melakukan yang baik orang berkata itu jahat, DIA mengusir setan orang berkata itu Belzebul , DIA berjalan diatas air menolong mereka yang sedang payah karena angin sakal mereka berteriak itu hantu, saudara bisa pikir itu sesuatu yang menyenangkan, sesuatu disini yang membuat duka yang mengerikan sekali tapi ITU CARA SATU – SATUNYA, saudara pikir ketika perjamuan yang terakhir itu DIA happy, saudara pikir ketika DIA berikan roti ke Yudas itu DIA happy, itu saat terakhir DIA bisa layani muridNya, tapi 3,5 tahun DIA tahu ini orang akan berkhianat kepadaNya, DIA tahu, tapi tidak pernah kita melihat Yesus menegor Yudas, tidak pernah, anda pernah berani salahkan Tuhan, “ngga ditegor sih”, “ ngga di counseling sih”, ahh teori lah, siapa sih bisa menghakimi Tuhan?, tapi hidup dengan orang yang anda tahu satu hari akan mengkhianati saudara, 3,5 tahun dan DIA percayakan cashnya lagi, sejujurnya kalau kita berkata orang-orang yang pegang uang hari-hari ini, itu bahaya banget roh Yudasnya bisa masuk, dimana-mana saya lihat.
Bagaimana bisa begitu tapi saat terakhir DIA berikan roti dan DIA berkata “lakukan apa yang harus kau lakukan “, saudara pikir itu menyenangkan, sedang melepaskan seorang Yudas dikuasai dan dirasuk oleh setan dan itu saat terakhir DIA ketemu dengan Yudas karena DIA tidak akan pernah ketemu dia lagi dalam kekekalan hilang selama-lamanya, Yesus harus menderita seperti itu.
Jadi orang percaya saya berdoa jangan cengeng, gampang meratap, gampang hancur dengan penderitaan, kita belum sampai meneteskan darah kata Paulus, tapi begitu orang menderita sedikit orang sudah teriak-teriak seakan-akan seluruh dunia menghimpit aku, mari belajar punya mental yang kuat menghadapi apapun thought  dengan Tuhan, kalau engkau salah ngaku salah, kalau engkau dosa segera bertobat selesaikan cepat dengan Tuhan, hadapi semua dengan Tuhan, anda jadi orang Kristen yang kuat dan militant, kita hidup pada akhir zaman Indonesia sudah kena bencana bertubi-tubi,kalau kita tidak pernah sadar dan dibuat yakin ini akhir dari semuanya, harus dengan apa lagi kita diyakinkan.
Tapi PENDERITAAN bukan sekedar membuat DIA kuat , penderitaan punya sebuah essence yang lain, coba buka Filipi pasal yang ketiga :
Php 3:10  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,
Ada sebuah level yang namanya PENGENALAN dan kalau anda ingin mencapai sebuah pengenalan pun yang tertinggi adalah MENGENAL DIA DAN KUASA KEBANGKITAN NYA tetapi kemudian alkitab berkata ada yang namanya PERSEKUTUAN, dan ketika DIA ngomong tentang persekutuan alkitab berkata PERSEKUTUAN DALAM PENDERITAAN NYA, dimana aku menjadi SERUPA dengan DIA dalam KEMATIAN NYA. Untuk orang bisa menikmati Fellowship dengan Tuhan, Koinonia  dengan Tuhan,tidak pernah bisa lepas dengan yang namanya PENDERITAAN, tidak bisa, engkau tidak pernah bisa Fellowship dengan POWER NYA, anda tidak bisa Fellowship dengan URAPAN NYA, tidak bisa, engkau tidak pernah bisa Fellowship dengan KEMURAHAN NYA,tidak bisa.
ENGKAU BISA FELLOWSHIP DENGAN DIA DALAM PENDERITAAN NYA   
Suatu hari Yesus melewati daerah perbatasan Galilea dan Samaria, pada waktu alkitab berkata sepuluh orang kusta datang kepada Yesus, sembilan orang Yahudi dan satu orang Samaria, itu aneh. Karena Yohanes berkata orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria, tidak ada Fellowship antara orang Yahudi dan orang samaria, tetapi mengapa 1 orang Samaria ini bisa diterima oleh 9 orang yahudi? , PENDERITAANNYA SAMA punya kusta yang sama, pak bagaimana dengan cerita dengan orang samaria yang baik hati, orang samaria yang baik hati tidak ada fellowship dengan orang yahudi yang dia tolong, dia hanya berikan duitnya dan carenya, masukan ke penginapan kasih duit tinggal pergi, NO FELLOWSHIP, pertolongan biasa, tapi SEPULUH ORANG INI KUSTA SEMUANYA satu diantaranya orang SAMARIA, mereka bisa menyatu Fellowship, why?, sebab mereka SAMA SAMA DALAM PENDERITAAN.
Kecuali orang menikmati PENDERITAAN karena Kristus, dia tidak pernah bisa punya Fellowship yang sebenarnya dengan DIA. Selalu akan ada garis antara DIA dan saudara, karena orang yang tidak pernah melewati sebuah penderitaan karena Tuhan, hidupnya dikuasai oleh Egonya, kesombongannya, harga dirinya, ketamakannya, keduniawiannya dan pikirannya dikuasai dengan kemarahan, kebencian, kepahitan, pemberontakan yang tidak pernah habis, dipendam lama toh akhirnya meledak juga.
Daging ini saudara, kalau engkau terus MANJAKAN suatu hari akan MEMBUNUH saudara!.           
Anda tahu sebuah fellowship, saya cerita fellowship, saya pernah ceritakan ini, ada seorang perwira dari suatu kerajaan, perwira militer ini didiagnosa oleh tabib, oleh dokter, dia menderita penyakit yang akan membawa dia kepada kematian. Dokternya berkata “ pak umur bapak paling tinggal 2 minggu setelah itu bapak bisa mendadak mati karena aku temukan persoalan berat yang akut di tubuhmu “,  dia datang ke beberapa dokter yang dia kenal yang terbaik semua berkata yang sama “ ya engkau menderita penyakit berbahaya , dua minggu maksimal umur mu dan engkau akan mati “, hari hari itu kerajaan sedang perang besar lawan musuhnya, perwira ini berpikir kalau aku berkata kepada Raja aku sakit, aku pasti di izinkan istirahat tapi artinya aku menunggu mati, 2 minggu lagi aku akan mati, daripada nunggu 2 minggu kenapa tidak sekarang aku menjemput kematian, sambil aku mati aku mati sebagai pahlawan, apa yang dia buat saudara?, dia maju kemedan perang, dia perang seperti orang gila, tidak ada musuh yang tidak berani dia dekati, dia dekati dengan nekad, yang paling besar paling ganas, dia dekati dia hajar dia perang seperti orang gila. Dalam beberapa hari namanya sangat terkenal, dia tidak peduli dia perang seperti orang gila, dan orang melihat aneh kepada orang ini, ketika senja tiba perang harus usai karena telah malam, yang dia tuju adalah tempat dimana orang meletakkan mayat dari tentara tentaranya dan dia pandangi satu persatu, dan dia berkata “ kalian mengagumkan mati sebagai pahlawan “, dan orang ini berkata “ sebentar lagi aku juga akan terbaring sama dengan kalian “. Besok pagi dia bangun dengan semangat, dia berkata dalam hatinya “ inilah harinya “, dia perang lagi kaya orang gila, memang dia tidak mau bunuh diri, dia bertekad “ aku akan bawa sebanyak-banyaknya musuhku ke neraka “, perang itu akhirnya dimenangkan dan akhirnya perang usai, dia tidak mati, semua orang mengagumi keberaniannya dan melaporkannya ke Raja, “ engkau punya perwira hebat”, dan Raja sempat menyaksikannya dia perang dengan keberanian dan kenekatan yang ajaib dan hari itu Raja menganugerahkan jabatan militer tertinggi, diangkat sebagai panglima perang tertinggi tapi ia hanya bersedih dan lesu sekali karena dia tahu untuk apa jabatan ini, umurku toh tinggal seminggu lagi. Raja bertanya kenapa engkau sedih dan dia berkata “sebenarnya aku di diagnosa dokter dan umurku tinggal seminggu lagi “, Raja berkata “ tidak bisa begitu, engkau panglimaku yang paling hebat “, Raja kerahkan dokter –dokter terbaik di negeri itu dan ketika para dokter berkumpul mendiagnosa ulang akan penyakitnya kembali, mereka berkata “ahh keliru..penyakitnya tidak berbahaya, ini sih sebetulnya flu biasa dikasih obat akan sembuh “, lalu diberi obat segala gejala penyakitnya hilang, ditunggu seminggu dua minggu tidak mati tapi tambah segar, dia bahagia banget, dia berkata “ untung gua ngga mati, untung gua perang hebat dan tidak mati “, panglima perang tertinggi gajinya berlipat lipat, rumahnya kaya istana, semua fasilitasnya no1.
Setahun kemudian musuh menyerang lagi, Raja berkata panglimanya “pimpin pasukan lagi gempur mereka “, dan dia berkata “ tapi Raja apakah harus perang, bukankah kita perlu juga berdiplomasi, kirim dulu dong utusan, berunding dulu dong, untuk apa kita perang?, Raja berkata “terserah “, diplomasi, diplomasi, diplomasi, semua orang berkata “ panglima kita bisa kalahkan mereka kalau panglima maju kedepan perang kaya dulu lagi kita pasti menang “, masalahnya sudah berbeda, dulu dia merasa SEPENDERITAAN dengan yang di barisan paling depan karena mereka mungkin akan mati dan dia juga pingin mati seperti mereka tapi hari itu sudah berbeda, dia perang dengan ogah-ogahan, dia berkata “ maju serbu“, tapi dia tidak pernah perang, dia dibarisan paling belakang. Tahu kerjaannyan apa?, ngomong, “ harus begini ”, “ harus begitu “, “ ayo ayo “,sebab dia tidak mau kehilangan lagi nyawanya. Karena sudah terlalu banyak atribut dan bawahan disekitarnya, orang bisa berubahkan toh saudara.
Mana militanisme yang dulu pernah muncul?, mana keberanian yang pernah ditunjukan dengan luar biasa?, mana itu yang namanya kekuatan yang hebat yang menggetarkan musuh?, sudah tidak ada lagi, Ia berlaku seperti orang yang arif dan bijaksana, dan berkata “ tidak perlu perang, kita perlu Negosiasi berdamai “, tapi dasarnya bukan karena itu, ia sudah berubah menjadi seorang yang PENGECUT, sebab DIA CINTA HARTA, CINTA KEDUDUKAN, CINTA KENYAMANAN dan CINTA DIRINYA SENDIRI, dia boleh berdalih toh orang akhirnya tahu kita punya panglima yang paling pengecut, dan kerajaan yang didampingi oleh seorang seperti ini tentunya akan runtuh.
Saudara sekalian saya berdoa militanisme kita dengan Tuhan tidak pernah goyah, hati yang berkata “ aku hanya untukMU Yesus tidak pernah goyah “ , kalau itu yang terjadi saya yakin Tuhan akan memberkati kita luar biasa dengan limpah, buat Tuhan harta tidak pernah jadi masalah, bumi dan semua isinya DIA yang punya DIA mau goyang kemana akan terjadi, tetapi yang membuat HATINYA HANCUR DAN SEDIH adalah ketika itu menjadi TUJUAN HIDUP KITA, dan membuat BEBAN yang begitu besar dan menempel dibadan kita.
Orang tidak bisa lagi perang, orang tidak pernah berani maju kedepan lagi, orang hanya berkata “ ini waktunya buat kamu yang muda-muda, disitu ada banyak gelandangan di kolong jembatan kamu dong kesana, ayo dong dengan bapak, o saya mendoakan saja kamu dari jauh, prtt..gombal “, selama orang tidak pernah berani taruh hidupnya disitu jangan dengerin dia, hilang semua hatinya sudah bukan keTuhan. Ada lagi orang Jakarta datang ke saya, “ pak bagian saya itu logistic pak, bapak perang kedepan“,I ya luh kalau mati bapak duluan saya belakangan, saya bilang “ No way, saya tidak perlu logistic, perang dengan saya, saya digorok pak, itu bagus saya berkata, kamu duluan, kenapa pak?, kamu takut banget, kamu terlalu nyaman, lu pikir dengan kamu berkata saya bagian logistic duitmu seberapa sih?, kamu pikir Tuhan itu berteriak “ BAPA kirimkan duit kepadaKu “, Tuhan tidak pernah teriak minta uang DIA minta pekerja iya, tetapi tidak pernah IA mengemis ke BAPANYA minta duit.
Saya berdoa militanisme didalam ini tidak pernah hilang, jangan pernah JUAL apapun yang dari Tuhan, dengan apapun atau siapa pun, NO WAY. Yesus mengalami itu, apa yang membuat hancur didalam sering kali, sebab setiap kali DIA bicara toh anak anakNya tidak pernah bisa mengerti bahasaNYA, dia sempat mengeluh berkata “ you don’t now My language “, engkau tidak mengenal bahasaKU.
Minggu lalu pak Johan cerita dengan saya, saya tidak ada waktu untuk saya minta dia cerita, habis kebaktian pagi seperti ini, siapa yang merasakan Tuhan hadir minggu pagi yang lalu?, angkat tangan, bukan setan, Tuhan hadir, bukan hantu, Tuhan. Dia kejar saya dibelakang, dia berkata “ pak sayakan tidak pernah lihat penglihatan, dengar suara Tuhan “, dan tiba tiba dia lihat sesuatu minggu pagi lalu, dia lihat atap gedung ini terbuka dan dia lihat tahta besar dan ada orang dengan cahaya berkilauan yang tidak bisa dilihat turun dan disebelahNya dia lihat Yesus berdiri, Tuhannya Turun dan Yesus memberkati satu persatu umatNya dan dia lihat malaikat begitu banyak, dan dia dengar BAPA sendiri berbicara menggema “ MataKU tertuju kepada jemaat ditempat ini, AKU suka dengan gereja disini “, ahh…buat saya itu segala-galanya, saya tidak akan menghadap pengadilan manusia saya menghadap tahta Tuhan, kalau BAPA berkata AKU suka, I don’t care dengan orang lain, EGP saja, dan BAPA berkata “ AKU suka ”, dan DIA berkata “ bukan karena kebaikan mereka, bukan karena kemampuan mereka, bukan karena kesanggupan MEREKA PERCAYA KEPADAKU “, simple kan saudara.
Saya berdoa anda jadi orang Kristen yang tidak cengeng, yang terlatih menghadapi apapun yang berat dalam hidup kita. Saya pernah mengalami ketika ke Sidney sekian tahun yang lalu, pesawat yang kami naiki terguncang ngeri sekali, selama sekian puluh tahun saya pakai jasa penerbangan kali itu paling mengerikan, diguncang – guncang di banting – banting saya pikir matilah hari itu, setelah hari itu lewat setiap kali naik pesawat guncang saya ketawa saya berkata “ belum sengeri yang dulu “, guncang lagi semua sudah pusing tegang, saya ketawa saya berkata “ dulu lebih mengerikan “,KALAU ANDA MELEWATI FASE ATAU MASA YANG TIDAK ENAK NIKMATI SAJA, SEBAB GONCANGAN-GONCANGAN YANG BERIKUTNYA  AKAN LEBIH KECIL DAN TIDAK TERASAAnda berkata “ kok cuma segini, asyik ya seperti naik jet coster “, semua muntah-muntah, anda berkata “ ngga apa-apa ini kuat yang lebih ngeri dari ini pernah tak lewati, ngga hancur juga ngga apa-apa, apalagi garuda kalau ngga ada mesinnya pakai sayap bisa, tenang saja rilex. Semua itu baik.
Saya pernah baca buku silat, anda pernah baca buku silat?, ada keluarga pendekar yang punya anak laki, mamanya memang antic banget, anaknya dari bayi direndam pakai ramuan obat-obatan cina, pertama anak itu diambilkan batang pisang badan si bayi dipukuli, setelah sekian lama diganti dengan kayu yang tipis, dia pukuli pertama nangis anak itu, pelan pelan dulu sampai kencang bertahap, tidak langsung dipukul pakai balok bisa mati anak itu, terus ditingkatkan terus bambu, bayangkan bertahun tahun setiap dimandikan setelah itu dipukuli bukan di kasih minyak telon, direndam pukuli direndam pukuli, setelah kuat diajarkan silat sama mamanya, anda bisa kebayangkan, ia kalau bermain teman tidak sengaja ketonjok pingsan, orang pukul dia yang mukul jatuh, dia berkata “ gatel “, dari kecil digituin, saudara tahu akibatnya :
BELAJARLAH JADI ORANG KRISTEN YANG TAHAN UJI, KUAT DITENGAH-TENGAH APAPUN. 
Ayat yang terakhir  Gal 6:17  Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku,( dia berkata kamu jangan ganggu aku, jangan susahin aku, jangan coba membuat kekuatanku berkurang, terjemahan hurufiahnya ), karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus.Kata tanda dari STIGMA atau STIGMATA, itu muncul pada zaman Alexander Agung kalau dia punya pasukan tentara yang sudah sekian kali terlibat pertempuran besar dan terbukti dia hebat, dia loyal, jago perang, tidak mudah dikalahkan, tidak pernah menyerah dalam keadaan apapun dan telah melewati banyak perang besar, maka pada lengannya dicap seperti sapi, ada huruf A pada lengannya tanda dia milik Alexander Agung, sejak itu orang berkata itu STIGMA.PENDERITAAN APAPUN YANG KITA MUSTI LEWATI KALAU ENGKAU MENANG AKAN MENGHASILKAN SEBUAH STIGMA.Dan Paulus berkata “  ini tanda tanda bahwa aku milik Kristus “, ajaib sekali. Bukan karena duitmu banyak, bukan saudara, didalam tubuhku ada STIGMA, Pertanyaan saya adalah “.DIA Tuhan yang tidak menutup mata, DIA Tuhan yang tahu siapa MILIKNYA, DIA Tuhan yang tahu apa yang harus DIA buat terhadap MILIKNYA, DIA tahu DIA peduli dari saat kita bangun tidur sampai kita kembali tidur, 24 jam setiap hari, DIA tahu siapa MILIKNYA
dan DIA berkata “  AKU tahu siapa MIILIKKU dan AKU tahu apa yang harus aku buat terhadap MILIKKU “.Saya berdoa anugerahnya diberikannya buat kita, Pak Johan cerita pada saya dia lihat malaikat begitu banyak, dia tanya Tuhan “ dengan proteksi malaikat banyak seperti ini apakah mungkin kalau kami perang ke terobos ? “, Tuhan bilang “ sebetulnya tidak mungkin, kecuali kalau kamu buka celah itu akan masuk dalam hidupmu“, ada hal menarik dia lihat disekitar saya ada malaikat malaikat yang melingkar ada yang gede-gede diluar, dan Tuhan tunjukan ada yang seperti tabung yang membungkus badan saya naik putih sampai keatas, dia Tanya keTuhan “ yang putih yang menyelubungi hambaMU itu apa? ”, dan Tuhan berkata “ itu tambahan perlindunganKU karena PANGKAT dank arena TUGAS dan JABATANNYAAKU beri itu “, dia tanya “ Tuhan kalau dia buka celah apa juga akan terbuka “, Tuhan bilang “ yang itu tidak bisa nak, itu tidak akan terbuka karena celah yang dia buat, terbuka hanya kalau AKU angkat selubung itu“.Saya ingat cerita Mariam dan Harun waktu mereka berontak melawan Musa dan Tuhan marah, Mariam kena kusta Harun tidak kena apa-apa, kenapa?, JUBAHNYA, anda mengerti, Harun juga berontak tapi tidak kena kusta, Harun ketika dilepas JUBAHNYA barulah ia mati, hal yang sama dengan Ayub, Setan minta “ karena ENGKAU membuat PAGAR disekelilingnya “, dengan kata lain ia berkata “ kalau ENGKAU angkat PAGAR itu baru aku bisa menerobos “, ada hal kalau hanya Tuhan angkat itu baru bisa menerobos hidup kita,Saya belajar, Tuhan tahu siapa MILIKNYA dan Tuhan tahu pelihara kita dan jagai kita. AMIN. (posted by Djayasentana)
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India