Tuesday, October 13, 2015

VISI DAN MISI PPGT

ARAHAN VISI DAN MISI
Persekutuan Pemuda Gereja Toraja

  
V i s i
“DISUKAI ALLAH DAN MANUSIA”
Visi ini adalah merupakan pandangan ideal jangka panjang PPGT disemua jenjang yang mesti diperjuangkan untuk dicapai. Untuk itulah PPGT Klasis Sa’dan terpanggil untuk menjawab semua amanat, tanggung jawab dan komitmen bersama dengan mengimplementasikan visi di atas secara berkesinambungan dan konsisten pada setiap jenjang kepengurusan.

Tentulah bukan persoalan yang mudah untuk mencapai sosok manusia (pemuda gereja) yang berkepribadian dan berkarakter ideal agar menjadi manusia yang layak (disukai) oleh Allah sang pencipta dan disukai sesama manusia dalam interaksi kehidupan kita. Tetapi sesungguhnya inilah tantangan untuk mewujudkan postur ideal seorang manusia (pemuda gereja) yang harus diperjuangkan. Dikatakan sebagai postur ideal karna disinilah letak substansinya yakni bagaimana kemampuan membangun hubungan/relasi baik secara vertikal (manusia-Allah) dan hubungan horizontal (manusia-manusia). Hanya dengan Pembaruan Budi; menanggalkan hal yang lama, membenahi diri, menyadari akan dosa dan kelemahan, masuk dalam pertobatan serta melakukan sesuatu yang baik dan berkenan dihadapan Allah. Tentunya kita tidak bisa tinggal diam atas ketidaksempurnaan kita akibat dosa, karna jika ada kemauan dan keinginan untuk berbenah dan memperbaharui diri yakinlah bahwa kita akan menjadi PPGT yang disukai Allah. Manusia pertama yang harusnya menyukai diri kita adalah diri kita sendiri, artinya ada tuntutan untuk mengasihi diri, menaklukkan diri dari kuasa dan kungkungan dosa karena siapa lagi yang akan mencintai diri kita kalau bukan kita sendiri terlebih dahulu. Dengan mengasihi dan mencitai diri kita sebagai suatu karunia Allah yang telah menghadirkan kita di tengah-tengah dunia ini, maka kita menjadi pemuda gereja yang berkarakter, berintegritas dan berdedikasi dalam membangun hubungan dengan sesama.

M i s i
Misi PPGT merupakan tugas yang harus dikerjakan untuk mencapai visi. Misi PPGT adalah menciptakan “Kader Siap Utus” yang siap dan bertanggung jawab menyatakan tugas dan panggilannya di tengah-tengah kehidupan gereja, masyarakat dan alam semesta. Proses pembentukan “Kader Siap Utus” tersebut dirumuskan sebagai berikut:

Memberdayakan semua kader PPGT untuk memiliki kualitas persekutuan, kesaksian dan pelayanan;
Memperlengkapi para pemimpin muda dengan format pengembangan kualitas persekutuan, kesaksian dan pelayanan;

Mengutus pemimpin-pemimpin muda ke tengah-tengah berbagai ladang pelayanan gereja dan masyarakat untuk menyatakan kualitas persekutuan, kesaksian dan pelayanan;
Misi PPGT tersebut disingkat 3M (Memberdayakan, Memperlengkapi, Mengutus), dimana ketiganya merupakan satu kesatuan proses pengkaderan yang saling mendukung satu sama lain, dan diharapkan setiap kader yang dihasilkan melewati semua proses tersebut. Hasil akhir dari ketiga proses tersebut adalah lahirnya “Kader Siap Utus”.

Yang pertama adalah proses MEMBERDAYAKAN, olehnya itu diharapkan basis pembinaan warga PPGT adalah di jemaat dan Klasis. Model dan sistem serta materi pembinaan yang digunakan adalah yang terbaru, yang kontekstual, dan yang up to date dengan kebutuhan PPGT sekarang.

Yang kedua, adalah proses MEMPERLENGKAPI, yang berbasis di Klasis. Dimana yang akan diperlengkapi bukan kader-kader baru tetapi hasil pemberdayaan di jemaat. Dengan demikian diharapkan pengurus klasis terkonsentrasi untuk memperlengkapi kader-kader jemaat. Pada proses ini diharapkan kader-kader PPGT sudah mampu beraktualisasi secara nyata.

Yang ketiga, adalah proses MENGUTUS, dimana diharapkan “Kader Siap Utus” didorong untuk bersesama dan berkarya dalam lingkup pengabdian yang lebih luas sehingga tidak terkesan bahwa kader-kader PPGT adalah kader-kader yang eksklusif, yang hanya mampu eksis di lingkungan sendiri.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India